Sabtu, Desember 13, 2008

CARA SMART MENEMBUS SNM-PTN


Saya terinspirasi ingin menulis buku ini, ketika dua bulan sebelumnya mengisi motivasi bagi siswa kelas 12 SMA di beberapa sekolah di Malang tentang “Rahasia Kekuatan Sebuah Impian”. Ketika saya bertanya kepada mereka, “Jika kamu nanti kuliah jurusan apa yang ingin kamu ambil?” Ternyata hanya sebagian kecil yang mempunyai jawaban dengan tegas. Rata-rata dari mereka masih bingung ingin kuliah di mana dan di jurusan apa. Dan ketika saya kembali bertanya kepada mereka seputar SPMB, seperti mata pelajaran apa yang diujikan, berapa jumlah soalnya, regional, strategi memilih jurusan, rata-rata mereka masih blank atau belum mengerti.

Ketika saya juga bertanya, “Pekerjaan apa yang kamu impikan lima tahun ke depan atau sepuluh tahun ke depan?” Jawaban mereka lebih memprihatinkan lagi, banyak yang mengatakan, “tidak tahu”, atau menjawab dengan jawaban umum “menjadi orang sukses”. Bahkan terkadang dengan sedikit berseloroh ada yang menjawab, “tukang parkir”. Itulah kenyataan yang terjadi, anak-anak didik kita ‘miskin’ akan motivasi dan tidak berani bermimpi.

Melalui buku ini, saya ingin memberikan inspirasi dan motivasi membangkitkan kemampuan terbaik siswa dengan inspirasi dan motivasi kepada siswa-siswa SMA untuk mempunyai goal setting dalam hidupnya mulai sekarang. Melalui proses kreatif yang saya dapatkan dari Film The Secret, Seminar Quantum Ikhlas dari Mas Nunu, Seminar Mestakung dari Bapak Prof. Dr. Yohannes Surya. Berdasarkan pengalaman saya sebagai pengajar dan konselor memilih jurusan di PTN, saya ingin berbagi strategi menembus SPMB dengan kemampuan pas-pasan. Untuk lebih memaksimalkan persiapan SPMB, banyak hal yang bisa Anda lakukan salah satunya harus punya strategi penguasaan materi dan menyelesaikan soal dengan cepat dan benar.

Untuk menjadi pemenang ‘pertempuran’ pada even nasional SNM-PTN, siswa harus tahu medan perang dan peralatan apa yang harus disiapkan. Artinya, siswa harus tahu data passing grade sebuah juruasan dan mengetahui kisi-kisi soal-soal yang sering keluar di SNM-PTN. Di buku ini disajikan dengan cukup mendetail.

Di akhir buku ini, saya sampaikan juga berbagai Perguruan Tinggi Negeri/Sekolah Kedinasan yang ada di Indonesia seperti STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), Politeknik Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, dan masih banyak lagi.

Akhirnya, semoga buku sederhana ini mampu memberikan inspirasi dan motivasi untuk meraih sukses menembus PTN yang Anda impikan sebagai pondasi dasar untuk meraih kesuksesan masa depan sesuai impian.

Belajar adalah keharusan, sukses adalah pilihan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar