Sabtu, Desember 13, 2008

MUDAHNYA BELAJAR ...KIMIA KARBON KIMIA UNSUR!


Bagi siswa program IPA yang terbiasa dengan hitung menghitung, ketika belajar materi kimia unsur dan kimia karbon biasanya menjadi kehilangan gairah. Demikian juga sebagian guru kurang menemukan metode yang cocok ketika mengajarkan kedua materi tersebut. Atas dasar itulah buku: Seri Jelajah Kimia SMA: Kimia Karbon dan Kimia Unsur ini saya susun. Dalam setiap buku ini merupakan hasil “penjelajahan” saya selama bertahun-tahun menjadi staf pengajar kimia terhadap konsep-konsep dan soal-soal kimia yang sering muncul di soal seleksi maupun evaluasi dan diringkas untuk disajikan menjadi materi kimia yang lebih asik dan fresh untuk dibaca dan dipahami.

Buku Seri Jelajah Kimia SMA ini disusun dengan konsep “minimalis” sehingga terasa easy and light untuk dipahami siapa saja. Pada seri ini terdiri atas dua topik utama yaitu Kimia Karbon dan Kimia Unsur. Materi ini sarat akan hafalan, sehingga banyak siswa kurang menyukai dan sebagian guru kesulitan metode penyampaiannya. Setiap bab disajikan menjadi tiga bagian. Bagian pertama, diawali dengan ringkasan teori dan rumus-rumus penting untuk lebih fokus terhadap pemahaman konsep penting dari materi tersebut. Bagian kedua, diberikan contoh soal-soal yang pernah keluar pada soal seleksi PTN (SPMB, UMPTN, SIPENMARU, PROYEK PERINTIS, UM-UGM) dan soal-soal evaluasi (UN, EBTANAS) serta soal-soal PENGAYAAN untuk memperkaya dan lebih menajamkan konsep yang sudah dikuasai.. Soal-soal kami susun sesuai urutan konsep serta tipe-tipenya sehingga bisa membentuk “frame” yang mudah diingat. Bagian ketiga, diberikan soal-soal latihan dengan tipe yang mirip dengan soal yang disertai pembahasan pada bagian sebelumnya dengan tujuan untuk menguji pemahaman konsep materi dan aplikasi pada soal-soal yang pernah keluar.

Ada 5 seri buku jelajah kimia yang ditulis oleh M Hasyim Ashari ini:
Seri 1 : Kimia Unsur dan Kimia Karbon
Seri 2 : Reaksi Redoks dan Elektrokimia
Seri 3 : Struktur Atom, Sistem Periodik Unsur, dan Ikatan Kimia
Seri 4 : Termokimia, Laju Reaksi, dan Kesetimbangan Kimia
Seri 5 : Stoikhiometri dan Larutan

Akhirnya, saya berharap buku ini bisa menjadi pilihan referensi dari yang terpilih bagi siswa untuk lebih jago menyelesaikan soal-soal kimia serta siapa saja yang menyukai kimia (guru, tentor, mahasiswa kimia) untuk lebih kreatif dalam mentransfer konsep-konsep kimia pada siswa dengan metode yang lebih inovatif.
Chemistry is Fun ‘n Easy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar