Sabtu, Desember 13, 2008

MindTraining! SUPER STUDENTS


Dari Pelajar Biasa, Menjadi Pelajar yang Luar Biasa!
Fitrah manusia adalah makhluk yang luar biasa. Pada usia balita, siswa-siswa kita dulu pada dasarnya adalah anak-anak yang percaya diri, pantang menyerah, punya daya ingat yang tinggi, dan berbagai kelebihan yang lain. Tetapi kenapa pada proses perekambangannya sebagian dari mereka malah menjadi anak yang gampang putus asa, tidak punya semangat belajar, dan kalau belajar gampang lupa? Ibarat komputer, karena usia dan pemakaian hardware (pikiran) dan software (hati) mereka menjadi downgrade dan perlu di-upgrade. Seperti yang dikatakan L. Levenson “Manusia adalah makhluk yang LUAR BIASA yang ‘LUPA’ akan keluarbiasaannya akibat PIKIRANNYA SENDIRI”. Dan dalam (QS : At Thin : 4) “Sesungguhnya telah Kami ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya” . Siswa yang tidak percaya diri berarti belum mengenal Tuhan-nya. Karena barang siapa mengenal dirinya, berarti mengenal Tuhan-nya.

Saya melihat hidup siswa-siswa kita seperti roda yang berputar. Setiap hari pergi ke sekolah, belajar berbagai mata pelajaran, mengerjakan PR, mengikuti ulangan, bermain, malam istirahat, besok pagi berangkat sekolah lagi. Tetapi sebagian dari mereka tidak peduli (belum peduli karena belum tahu) masa depan seperti apa yang ingin diraih. Sehingga banyak siswa yang sering melakukan kegiatan yang sia-sia. Mengerjakan PR hanya karena takut, syarat supaya tidak dimarahi guru, sehingga mengerjakan PR dengan menyontek teman, mengikuti ulangan tanpa persiapan yang maksimal. Sebenarnya kalau siswa menyadari, guru memberikan PR dan ulangan, esensinya sebagai bentuk rangsangan kepada siswa supaya mau belajar.

Jadi.... sebenarnya tidak ada siswa yang malas, yang ada adalah siswa yang belum punya tujuan yang jelas akan hidupnya. Siswa harus juga melakukan transformasi diri dengan berlatih setidaknya menyisihkan waktu 5 menit dalam sehari untuk memikirkan:
- Apakah sih... kelebihan saya?
- Potensi apakah ya yang bisa saya maksimalkan?
- Kalau saya kuliah, jurusan apa sih yang paling cocok dengan bakat dan kemampuan saya?
- Pekerjaan apa sih yang benar-benar saya impikan kelak?
- Rumah seperti apa yang ingin saya bangun?

Jika Anda ingin sukses luar biasa rumusnya:
SUKSES = impian (doa) + rencana + target + usaha + keberuntungan
Jadi bukan rencana dan usaha yang dilakukan, tetapi IMPIAN yang harus dibangun duluan. Ya... siswa harus disadarkan betapa pentingya sebuah impian. Pelatihan untuk mengakses potensi luar biasa yang tersimpan dalam kode genetik dalam tubuh siswa yang masih dorman (tidur).

MATERI TRAINING
- Pada proses pelatihan, peserta akan mendapat materi tentang:
- Mengenal diri dan menjadi lebih percaya diri
- Pentingnya identitas sebagai pondasi hidup sukses
- Berani bermimpi dan latihan menentukan goal setting dan goal praying
- Memahami bagaimana otak bekerja, dan kiat melejitkan daya ingat

PESERTA
Peserta MindTraining difokuskan pada usia remaja (SMP/MTs dan SMA/SMK/MA) dan dewasa (Mahasiswa).

TUJUAN
Pelatihan ini bertujuan:
- Meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya sebuah impian dalam hidup untuk meraih masa depan
- Memahami cara kerja otak, dan melejitkan daya ingat
- Transformasi diri: Dari pelajar biasa, menjadi pelajar yang luar biasa.

Untuk lebih memaksimalkan pendidikan yang lebih komprehensif pada proses belajar mengajar terhadap siswa baru, perlu adanya learning contract, untuk siswa-siswa yang mau ujian perlu ditunjukkan goal setting. Kegiatan tersebut terbukti efektif untuk meningkatkan prestasi belajar. Karena siswa disadarkan apa tujuan sekolah.

Bagi lembaga pendidikan yang ingin mengadakan MindTraining! SUPER STUDENTS: Dari Pelajar Biasa, Menjadi Pelajar Luar Biasa, silakan menghubungi Global Insan Mandiri Institute:
M. HASYIM ASHARI
Jl. A. Yani Utara 3 Malang
Telp. (0341) 4345544, HP. 081 655 37 55
email: hasyim_dino007@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar